Arsip Blog

08 Maret 2024

Cara Unlock Bootloader (UBL) HP Xiaomi Semua Tipe (100% Work)

Pada artikel kali ini, administrator ingin menjelaskan langkah-langkah untuk membuka kunci bootloader HP Xiaomi. jika Anda belum mengetahui cara membuka kunci bootloader Xiaomi, silakan baca artikel ini dengan seksama. 


Smartphone Xiaomi yang dirilis pada awal tahun 2016 sudah memiliki bootloader yang terkunci untuk alasan keamanan. Jika bootloader terkunci, Anda tidak dapat melakukan root hp xiaomi, mengubah ROM atau menginstal TWRP atau XPOSED. Khususnya, jika Anda masih menggunakan ROM distributor yang tidak menerima pembaruan melalui OTA, Anda perlu membuka kunci bootloader (UBL). 

Berbeda dengan ponsel Xiaomi sebelumnya, seperti generasi Redmi 1S dan Redmi 2, UBL tidak diperlukan ketika melakukan perubahan pada sistem seperti rooting atau menginstal TWRP. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semua ponsel Xiaomi terbaru memiliki bootloader yang terkunci. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjalankan ponsel Xiaomi Anda, Anda perlu membuka kunci bootloader (UBL). 

Namun, membuka kunci bootloader tidak disarankan jika Anda tidak suka bekerja dengannya atau tidak memahami flashing ROM, root, tweak, custom ROM, dll. Membuka kunci bootloader tidak akan berfungsi jika ponsel tidak dibuka kuncinya.
Seperti yang harus Anda ketahui, tutorial ini cocok untuk Mi 5, Xiaomi Redmi 3, 3 Pro, 3S, 3 Prime, 3x, Redmi Note 3, Note 3 Pro, Kenzo, Redmi 4, 4A, 4X, 4 Prime, Redmi Note 4, Note 4X, Redmi 5. PLUS, Redmi note 5, Mi A1, Redmi 7, Redmi Note 7 dan ponsel xiaomi UBL terbaru lainnya serta semua ponsel xiaomi yang dirilis pada tahun 2016 ke atas. 
Sebelum menjelaskan cara membuka kunci bootloader ponsel xiaomi, kami akan menjelaskan risiko membuka kunci bootloader:

  • Hilangnya jaminan. Ini sudah jelas: jika hp xiaomi Anda sudah dalam keadaan UBL, maka garansi akan hilang. Jika Anda ingin menyervis hp Anda pada SC Xiaomi Anda, cobalah menempatkan bootloader dalam keadaan terkunci (locked). 
  • Hp Xiaomi bisa mengalami soft brick jika gagal saat melakukan instalasi sistem operasi, dan lebih parahnya lagi bisa mati total. 
  • Semua data akan hilang setelah UBL, jadi cobalah untuk melakukan backup data hp xiaomi Anda terlebih dahulu.
Singkatnya, Lakukan Dengan Risiko Anda Sendiri. 
jika Anda berhasil dengan UBL hp xiaomi, jelas bahwa Anda sudah dapat bekerja dengan perangkat xiaomi Anda selama yang Anda inginkan.


Ada dua langkah yang harus dilakukan untuk melakukan UBL: 
  • Pertama, hubungi xiaomi untuk membuka kunci bootloader. 
  • Kedua, setelah menerima izin untuk membuka kunci, Anda dapat melakukan UBL menggunakan perangkat lunak MI Unlock.

Persiapan Unlock Bootloader HP Xiaomi

Anda harus memiliki laptop/PC/komputer. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat meminjamnya dari teman. Sebisa mungkin hindari menggunakan warnet karena rentan terhadap bug dan virus. 

Download Alat dan Bahan

Driver (Pilih sesuai tipe processor smartphone): Qualcomm 32 bit / Qualcomm 64 bit / Processor MTK. Abaikan saja langkah ini jika qualcomm processor sudah terinstall MiFlashtool.

Oke, saya mulai tutorialnya dari tahap pertama dulu.

Tahap 1: Cara Request Unlock Bootloader Xiaomi

Pertama kunjungi website ini: https://en.miui.com/unlock/index.html, selanjutnya klik “Unlock Now”.
Cara Request Unlock Bootloader Xiaomi - 1
  • Karena website ini berbahasa china, maka anda perlu menggantinya ke English/Indonesia dengan mengklik pada simbol “…” yang berada di bawah halaman untuk mengubah bahasa.
Ganti Bahasa - Mi Account
  • Kemudian Log In menggunakan akun Mi yang anda pakai di hp xiaomi. Jika anda belum punya akun Mi, klik “Create Mi Account” untuk membuat akun baru.
Login ke Mi Account
  • Jika sebelumnya anda belum pernah membuat akun di forum MIUI, maka pada langkah ini akan muncul pesan seperti di bawah ini. Isi saja dengan nickname anda, jangan pake spasi.
Masukkan Username MIUI Forum
Setelah itu klik tombol biru, lalu anda akan diarahkan ke forum miui. Abaikan saja hal ini. 
Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Kiat agar permintaan Buka Kunci Bootloader Xiaomi Anda diterima dengan cepat Berikut ini beberapa tips agar permintaan Buka Kunci Boot Xiaomi Anda diterima dengan cepat dan contoh alasan yang masuk akal :

“My Xiaomi Redmi 4A hard brick! I dont have any solution to fix this problem. I have to unlock bootloader, so i can fix this problem from fastboot method. I need fast approval for unlocking bootloader of my Xiaomi device. Thanks.”

Alasan yang diberikan di atas hanyalah contoh dan dapat sedikit dimodifikasi. Yang penting adalah menggunakan alasan yang mendesak. Jika alasan Anda mendesak seperti bootloop, hard brick, atau soft brick, Xiaomi akan memprioritaskan Anda. Jangan gunakan alasan seperti 'Saya ingin membuka kunci bootloader perangkat Xiaomi saya', 'Saya ingin mengganti perangkat Xiaomi saya'. 

Setelah mengisi formulir, masukkan kode captcha dan centang opsi "Saya mengonfirmasi bahwa... " dan klik tombol "Ajukan sekarang". Masukkan kode konfirmasi dan klik 'Berikutnya'.

Masukkan Kode Konfirmasi


Dalam hal ini, pesan berikut akan ditampilkan: 'Pengajuan diterima. Mohon tunggu untuk ditinjau. Anda sekarang telah berhasil menyelesaikan proses permintaan izin untuk membuka kunci bootloader. 

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menunggu SMS konfirmasi dari Xiaomi.
Biasanya memakan waktu 5-7 hari, maksimal 10 hari. Orang yang mengajukan permohonan untuk membuka kunci bootloader tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga dari seluruh dunia, jadi tergantung pada situasi, keadaan, dan alasan Anda. 

Jika Anda belum menerima SMS konfirmasi untuk membuka kunci bootloader, tandai artikel ini. Jika Anda menerima SMS dari Xiaomi, buka kembali artikel ini untuk melihat cara membuka kunci bootloader Anda dengan Mi Unlock Tool. Sekarang, setelah menunggu beberapa hari, Xiaomi akhirnya mengirim pesan otorisasi berikut.

SMS Presetujuan UBL Dari Xiaomi
Oke, sekarang lanjut ke tahap 2, yaitu unlock bootloader xiaomi menggunakan software Mi Unlock Tool.

Tahap 2: Cara Unlock Bootloader Xiaomi (Semua Tipe)


Persiapan Sebelum UBL

Driver, Mi Unlock Tool, ROM China Developer (jika Anda tidak memilikinya). Karena UBL biasanya gagal ketika menggunakan ROM agensi atau ROM Global Stable, pastikan ponsel Xiaomi Anda saat ini menggunakan ROM China Developer. 
Jika sudah siap, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Pertama, pastikan anda sudah menginstall driver yang cocok untuk smartphone anda. Jika pada laptop sudah terinstall PC Suite, SP Flash Tool atau MiFlashTool, abaikan saja langkah ini.
  • Pastikan Akun Mi pada hp xiaomi yang akan UBL sudah terlihat “Online”. Caranya buka website https://i.mi.com, kemudian login menggunakan akun Mi anda, lalu klik “Find Device”. Jika sudah terlihat Online, silahkan ekstrak file Mi Unlock yang sudah anda download tadi.
  • Kemudian cari file yang bernama “miflash_unlock.exe” . Buka dan jalankan program tersebut.
Cara UBL Xiaomi Dengan Mi Flash Unlock
Setelah terbuka, akan muncul peringatan. Klik “Agree” untuk melanjutkan. Jangan lupa untuk memastikan laptop/PC anda sudah terhubung ke internet.
Cara Unlock Bootloader Xiaomi - MI Flash Unlock
Selanjutnya Sign In menggunakan akun Mi yang sudah mendapat persetujuan Unlock Bootloader.
Sign In Ke Mi Unlock Tool
Jika sudah sign in, akan muncul tombol “Unlock”. Karena ponsel dan PC belum saling terhubung, maka tombol Unlock nya tidak bisa diklik.
Cara Unlock Bootloader Xiaomi Terbaru
  • Sekarang pastikan smartphone xiaomi anda sudah masuk ke Fastboot mode. Caranya matikan hp xiaomi, lalu tekan dan tahan tombol volume down + tombol power sampai muncul tampilan MIUI Bunny sedang memperbaiki robot android, seperti gambar di bawah ini.
Cara Masuk Fastboot mode Xiaomi Redmi
Kemudian hubungkan smartphone xiaomi anda ke PC/Laptop dengan kabel USB. Jika sudah terhubung, maka tampilannya akan jadi seperti ini.
Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi
Sekarang klik tombol “Unlock”. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Jika sudah berhasil unlock bootloader maka akan muncul pesan “Unlocked succesfully”.
Unlock Bootloader Xiaomi Berhasil
Selamat! Anda sudah berhasil unlock bootloader hp xiaomi. Sekarang anda bisa melakukan root, flashing ROM, cusrom, install TWRP, dan lain sebagainya.

Jika anda mengalami masalah saat unlock bootloader, seperti proses unlock stuck di 50% atau 99% dan muncul pesan “Couldn’t verify device”, mungkin ada beberapa kesalahan:

  • Anda tidak menggunakan ROM Pengembang China. Sebagian besar kegagalan membuka kunci bootloader xiaomi yang terlihat di grup dan forum disebabkan oleh kegagalan UBL karena Anda tidak menggunakan ROM Pengembang China. Solusinya adalah beralih ke ROM Pengembang China terlebih dahulu untuk berhasil menyelesaikan pembukaan kunci bootloader xiaomi.
  • Belum mengaktifkan OEM Unlocking. Ini penting, banyak orang yang melewatkan langkah ini.

Setelah bootloader (UBL) berhasil dibuka kuncinya, Anda dapat beralih ke Global Stable ROM, misalnya. 

Nah, sejauh ini, ini adalah tutorial tentang cara membuka kunci bootloader untuk semua model Xiaomi. Sejujurnya, menurut saya cara Xiaomi UBL ini relatif mudah dan tidak semudah membuka kunci bootloader Sony Xperia tanpa harus menunggu konfirmasi terlebih dahulu. 

Jika ada kekurangan dalam artikel ini, mohon beritahu saya di kolom komentar. Jika ada langkah-langkah yang kurang jelas, silakan beri komentar. 


Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang yang ingin membuka kunci bootloader hp xiaomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainya