Arsip Blog

08 Maret 2024

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5

Xiaomi Redmi Note 5 dengan ROM global terbaru 

Proses flashing biasanya terjadi ketika ponsel gagal berfungsi dengan baik. Misalnya, ponsel macet, berhenti menyala, atau masuk ke mode bootloop. Bagian ini merinci langkah-langkah untuk mem-flash Xiaomi Redmi Note 5, tautan untuk mengunduh ROM dan mem-flash perangkat keras juga diberikan di bawah ini. 
Beberapa spesifikasi Redmi Note 5 termasuk layar dengan rasio aspek 18:9, berukuran 5,9 inci dan resolusi Full HD+ (1080 x 2160). Prosesornya adalah octa-core, 1.8GHz Snapdragon 636 yang didukung oleh GPU Adreno 509. Model ini juga tersedia dengan 32GB RAM 3GB dan 64GB RAM 4GB. Kamera Redmi Note 5 adalah 12 MP dan 5 MP di bagian belakang dan 20 MP di bagian depan. 
Kedua kamera tersebut dilengkapi dengan lampu kilat LED yang akan sangat berguna saat memotret di ruangan gelap. Redmi Note 5 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari tepat di bawah kamera di bagian belakang bodi. Tentu saja, ponsel ini sudah mendukung konektivitas 4G LTE di Indonesia.

Untuk mendukung segala aktifitasnya sehari – hari, Xiaomi membekali ponsel Redmi Note 5 dengan baterai berkapasitas 4000 mAh dan fitur Quick Charge 2.0 yang mampu berjalan di 18W
Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Xiaomi Redmi Note 5 sobat karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik sobat. Do it at your own risk.
Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti
  • Ponsel Xiaomi Redmi Note 5 bootloop.
  • Ponsel Xiaomi Redmi Note 5 lupa kata sandi.
  • Ponsel Xiaomi Redmi Note 5 restart sendiri.
  • Ponsel Xiaomi Redmi Note 5 hank atau.
  • Ponsel Xiaomi Redmi Note 5 mati total alias hardbrick. 
Bahkan, berbagai masalah yang dijelaskan di atas dapat disebabkan oleh pengguna itu sendiri atau, pada tingkat yang lebih rendah, oleh kesalahan sistem. Jika terjadi salah satu masalah di atas, reflashing diperlukan untuk memulihkan ponsel. 

Selain untuk memperbaiki berbagai masalah perangkat lunak pada ponsel Xiaomi Redmi Note 5, reflashing juga dapat digunakan untuk tujuan lain. Misalnya, untuk memperbarui sistem operasi ke yang baru atau untuk mencoba custom ROM baru yang berbeda dengan ROM/firmware aslinya. 

Sebelum melakukan flashing Xiaomi Redmi Note 5, Anda bisa menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini untuk diunduh.
Nama FileLink
Stock ROM MIUI Xiaomi Redmi Note 5 (Android 9 Pie)Download
USB Driver Xiaomi Redmi Note 5Download
Mi Flash ToolDownload
Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5
Note : PilihStock ROM yang memang ditujukan untuk Xiaomi Redmi Note 5 versi Global agar terdapat Bahasa Indonesia dalam ROM tersebut. 
Dan seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, jika akan melakukan proses flash, maka bootloader harus dibuka. Bagi sobat pemilik ponsel yang mau membuka / unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 5, dapat dilihat cara membuka bootloader melalui link di tabel di atas.
Ada baiknya sebelum melakukan proses flash untuk membackup data penting yang terdapat di dalam ponsel. 

Cara flash Xiaomi Redmi Note 5 

Jika Anda telah memastikan bahwa bootloader terbuka, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mem-flash Xiaomi Redmi Note 5.
1. Instal driver Xiaomi Redmi Note 5 dan Mi Flash Tool yang telah diunduh sebelumnya.
2. Buka zip file Stock ROM Redmi Note 5 ke komputer Anda. Sebelum membuka ritsleting, buat folder baru untuk menyimpan hasil ritsleting untuk nanti. 

3. Buka Mi Flash Tool dan pilih lokasi tempat Anda mengekstrak ROM dengan menekan tombol "Pilih" di sisi kiri aplikasi Mi Flash Tool.

4. Ketuk menu tarik-turun di sudut kanan bawah aplikasi Mi Flash Tool. Semua data dan memori internal akan terhapus. Jika Anda ingin melakukan flash tanpa menghapus data di memori internal, pilih 'flash_all_except_data_storage'. Jika Anda ingin melakukan penginstalan bersih dan mengunci bootloader kembali, pilih 'flash_all_lock'. 

5. Anda disarankan untuk mencadangkan semua data penting yang ada di ponsel Anda, terutama sebelum melakukan proses flashing. 

6. untuk ponsel, matikan Xiaomi Redmi Note 5 dan masuk ke mode fastboot hingga muncul logo fastboot Xiaomi (volume bawah + tekan lama tombol power). Setelah muncul, lepaskan tombol yang baru saja Anda tekan. 

7. kemudian hubungkan ponsel Anda ke komputer.
8. tekan tombol "update" pada aplikasi Mi Flash Tool, sehingga aplikasi tersebut akan mendeteksi HP Xiaomi Redmi Note 5 yang sudah terhubung ke PC tadi.

9. Setelah ponsel terdeteksi, tekan tombol "flash" untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga proses selesai dan setelah flashing ROM selesai, ponsel Xiaomi Redmi Note 5 akan melakukan boot ulang. 

10- Proses ini akan memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya. 
Kali ini HP Xiaomi Redmi Note 5 Anda akan berhasil di-flash dan sobat bisa mencoba untuk melakukan root sesuai dengan artikel Cara root Xiaomi Redmi Note 5. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainya