Arsip Blog

08 Maret 2024

CARA AGAR PORT USB TERBACA QDLOADER 9008 TERDETEKSI


Salah satunya adalah perbaikan dan pemeliharaan dapat dengan mudah dilakukan oleh perorangan, dan jika Anda menggunakan ponsel pintar Android, Anda memiliki dua pilihan ketika terjadi masalah pada ponsel pintar Anda.

Artinya, Anda bisa membawanya ke bengkel reparasi atau memperbaikinya sendiri. Tentu saja, ada risiko yang harus dipahami terlebih dahulu. 

Alasannya sederhana saja: tutorial tertulis dan video sudah tersedia. Ada banyak sekali informasi tentang topik ini di Internet. 

Masalah yang akan kami pertimbangkan adalah ketika Anda mencoba melakukan Flash pada ponsel cerdas Android, teks tidak dapat dibaca. 

Faktanya, artikel ini didedikasikan untuk smartphone dengan mesin Qualcomm Snapdragon, dan smartphone Android dengan mesin Qualcomm memiliki fitur yang dapat dijelaskan di PC, sehingga sistem operasi Windows akan digunakan dalam artikel ini. 

Masalah yang umum terjadi adalah ketika smartphone Android terhubung ke PC melalui kabel USB dalam mode Fastboot, port yang terbaca bukanlah COM, tetapi port universal yang disebut QHSUSB_BULK.

Hal ini karena aplikasi flasher seperti Mi flash tool sering kali memerlukan informasi driver yang jelas.

CARA AGAR PORT USB TERBACA QDLOADER 9008 TERDETEKSI


Jika tidak terbaca dengan semestinya, maka sudah pasti smartphone Android kalian tidak akan terbaca di aplikasi Flasher dan hasil akhirnya kalian tidak akan bisa melakukan Flashing.

Sebenarnya ada 3 buah cara untuk mengatasi masalah ini, yaitu adalah sebagai berikut :



DISABLE DRIVER SIGNATURE ENFORCEMENT


Masalah ini bisa datang karena OS Windows yang kalian gunakan memblock aktifitas Port USB yang mencurigakan, sehingga Driver USB yang harusnya ter-install otomatis ketika di sambungkan, maka dalam kasus ini di Block dan tidak boleh ter-install dan terbaca.

Maka dari itu kalian perlu melakukan Disable Driver Signature Enforcemnet untuk mengatasinya, caranya?

  • Silahkan pilih saja mau Disable Driver Signature Enforcement
  • Setelahnya coba hubungkan lagi kabel smartphone Android kalian ke PC, jika muncul indikator Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 pada Device Manager, berarti cara ini berhasil.
  • Jika tidak ikuti langkah selanjutnya.


INSTALL QUALCOMM DRIVER


Sebenarnya kalian tidak perlu menginstall Driver Qualcomm ini, karena biasanya setiap OS Windows sudah di bekali dengan fitur ini, hanya saja mungkin karena sesuatu yang tidak di inginkan, Driver ini bisa saja hilang atau rusak, maka disinilah kalian perlu melakukan Install ulang Driver USB Qualcomm tersebut.

Perlu kalian ingat bahwa sebelum kalian melakukan pamasangan Driver Qualcomm ini, maka sebaiknya lakukan Disable Driver Signature Enforcement, karena dari beberapa pengalaman yang telah kami lalui, Driver ini akan gagal terinstall di Windows 10, salah satu alasannya karena Driver ini tidak di percaya Installasinya oleh Firewall Windows.

Jika sudah berhasil terinstall, silahkan coba hubungkan smartphone Android kalian ke PC, lihat apakah bisa terhubung lewat aplikasi seperti Mi Flash Tool atau dari Device Manager, jika terbaca maka cara ini pastinya berhasil, bagi yang tidak punya Driver USB Qualcomm, silahkan Download melalui halaman di bawah ini :



INSTALL MANUAL DRIVER QUALCOMM HS-USB QDLOADER 9008


Jika cara nomor 2 diatas tidak berhasil, maka tidak ada cara lain lagi selain memasang Driver tersebut secara manual, caranya adalah sebagai berikut :

Silahkan Download dulu Driver Qualcomm HS-USB QDLoader 9008.

Password (.zip) : dadroidrd.com
  • Selanjutnya Extract Driver tersebut di tempat yang mudah untuk kalian temukan.
  • Silahkan masuk ke Device Manager di Control Panel >> Hardware and Sound >> Devices and Printers.


  • Atau lebih mudah cari dengan Cortana, jika kalian menggunakan Windows 10.



  • Selanjutnya silahkan cari QHSUSB_BULK, biasanya jika smartphone Android kalian terkoneksi ke PC dengan kabel USB, QHSUSB_BULK akan langsung terlihat begitu saja, letaknya bisa jadi di bagian Ports atau Universal Serial USB Controller.
  • Jika sudah menemukannya silahkan Klik Kanan pada QHSUSB_BULK dan pilih Update Driver.


  • Selanjutnya pilih Browse My Computer for Driver Software.


  • Selanjutnya silahkan cari letak Driver Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 yang sudah kalian Extract sebelumnya.

  • Tekan Next dan tunggu hingga proses selesai.
  • Sekarang harusnya Driver Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 sudah muncul pada bagian Port (COM & LPT).
  • Done!
Tiga metode yang tercantum di atas adalah cara paling ampuh untuk mengatasi masalah tidak menginstal driver Qualcomm HS-USB QDLoader 9008. Anda harus menyadari bahwa metode ini tidak dapat dipercaya untuk menyelesaikan masalah karena hanya membaca port QHSUSB_BULK, tetapi port tersebut dibaca sebagai driver Qualcomm HS-USB QDLoader 900e. 

Namun, dalam kasus QDLoader 900e, biasanya masalah yang terjadi adalah karena Kerusakan Bootloader, tetapi ketiga metode di atas patut dicoba: p.aw ~ drd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainya