Arsip Blog

08 Maret 2024

Cara Flash Xiaomi Mi A2

 Proses flash adalah suatu proses yang biasa dilakukan oleh pengguna saat ponsel mereka tidak dapat berjalan sesuai dengan semestinya. Misalnya saja, ponsel yang matot, tidak bisa menyala atau ponsel yang bootloop. Di sini akan kami jelaskan secara rinci langkah-langkah untuk cara flash Xiaomi Mi A2. Kami juga sudah menyediakan link untuk download ROM serta peralatan untuk flash di bawah.

 Xiaomi akhirnya secara resmi memperkenalkan Mi A2 untuk pasar global pada bulan Juli 2018. Kenapa pasar global? Karena sebenarnya Mi A2 ini adalah Mi 6X yang mengalami pergantian nama untuk pasar global. Namun selain pergantian nama, kedua smartphone ini memiliki perbedaan lain juga, tepatnya pada OS yang diusungnya.

 Sementara Mi 6X menggunakan MIUI sebagai sistem operasinya, Mi A2 akan menjalankan Android murni di bawah Android One. 

 Adopsi Android One memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan MIUI. Keuntungannya adalah bahwa ini adalah proyek Google, yang menjamin pembaruan. Di sisi lain, kelemahannya adalah fungsionalitas yang kurang komprehensif dibandingkan dengan MIUII Xiaomi, salah satu sistem operasi kustom paling populer di dunia. 

Sedangkan untuk Mi A2, smartphone ini memiliki layar 5,99 inci dengan rasio aspek 18:9 FHD+ (1080 x 2160 piksel) dan perlindungan Corning Gorilla Glass 3. Chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 660 yang didukung oleh GPU Adreno 512. Dari segi kamera, Mi A2 memiliki fitur kamera ganda 12MP + 20MP dan kamera depan 20MP. Konektor USB yang digunakan juga Type-C seperti Mi A1, namun kali ini tidak ada jack 3.5mm.

Catatan : Baca setiap saran atau metode sampai selesai sebelum menerapkannya pada Xiaomi Mi A2 Anda. Lakukan dengan risiko Anda sendiri.
Sedangkan proses flashing Android sendiri dapat diartikan sebagai install ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing ini biasa digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti
  • Ponsel Xiaomi Mi A2 bootloop.
  • Ponsel Xiaomi Mi A2 lupa kata sandi.
  • Ponsel Xiaomi Mi A2 restart sendiri.
  • Ponsel Xiaomi Mi A2 hank atau.
  • Ponsel Xiaomi Mi A2 matot, mati total alias hardbrick.
Selain memperbaiki berbagai masalah perangkat lunak pada ponsel Xiaomi Mi A2 Anda, firmware juga dapat digunakan untuk tujuan lain. Misalnya, untuk memperbarui sistem operasi atau mencoba custom ROM baru yang berbeda dari ROM / firmware asli. 
Sebelum melakukan flashing Xiaomi Mi A2, Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini untuk diunduh.

Nama FileLink
Stock ROM MIUI Xiaomi Mi A2 (Android 9.0 Pie)Download
USB Driver Xiaomi Mi A2 (adb)Download
Mi Flash ToolDownload
Unlock Bootloader Xiaomi Mi A2
Pilih Stock ROM yang memang ditujukan untuk Xiaomi Mi A2 versi Global/Indonesia agar terdapat Bahasa Indonesia dalam ROM tersebut. Pastikan juga sudah mem-backup file-file yang penting dalam ponselmu.
  

Cara Flash Xiaomi Mi A2 

Jika sudah yakin akan bootloader yang terbuka, maka sobat dapat mengikuti langkah – langkah dibawah untuk melakukan proses flashing Xiaomi Mi A2.
Langkah #1. Instal driver Xiaomi Mi A2 yang telah diunduh dan Mi Flash Tool. 

Langkah #2. Buka ritsleting file stock ROM Mi A2 ke komputer Anda. Sebelum membuka ritsleting, buat folder baru untuk menyimpan hasil ritsleting untuk nanti. 

Langkah #3. Buka Mi Flash Tool dan klik tombol "pilih" di sisi kiri aplikasi Mi Flash Tool untuk memilih lokasi tempat Anda mengekstrak ROM. Langkah #4. Klik pada menu drop-down di sudut kanan bawah aplikasi Mi Flash Tool.
  • Pilih “flash_all” jika ingin proses flash yang clean, alias semua data dan memori internal akan terhapus.
  • Pilih “flash_all_except_data_storage jika ingin melakukan proses flash tanpa menghapus data yang terdapat di memori internal.
  • Pilih “flash_all_lock” jika ingin clean install kemudian bootloader akan terkunci kembali.
Langkah #5. Disarankan untuk memilih "flash_all" untuk membuat sobat Xiaomi Mi A2 Anda sebersih saat Anda membelinya. 
Langkah #6. Matikan sobat Xiaomi Mi A2 dan masuk ke mode fastboot hingga muncul logo fastboot Xiaomi. Setelah muncul, lepaskan tombol. 
Langkah #7. Kemudian hubungkan ponsel Anda ke komputer Anda. 
Langkah #8. Tekan tombol "refresh" pada aplikasi Mi Flash Tool sehingga aplikasi akan mendeteksi ponsel Xiaomi Mi A2 yang terhubung ke PC tadi. 
Langkah #9. Setelah ponsel terdeteksi, tekan tombol "flash" untuk memulai proses flashing.
Tunggu hingga prosesnya selesai dan setelah flashing ROM selesai, ponsel Xiaomi Mi A2 akan melakukan reboot. 
Langkah #10. Tunggu hingga proses reboot selesai. Biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari biasanya. 
Kali ini, ponsel Xiaomi Mi A2 Anda sudah berhasil di-flash dan Anda bisa mencoba proses rooting sesuai dengan artikel Cara Root Xiaomi Mi A2. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainya