Arsip Blog

08 Maret 2024

Install Ulang Windows 7/8 Langsung Dari Hardisk Internal

 

 
PC/Laptop Anda mulai lambat?, mau install ulang tetapi tidak ada DVD ROM ? atau DVD Rom Anda Rusak?, Sudah coba Install ulang menggunakan Flashdisk tetapi gagal terus ?

Maka anda perlu mencoba cara ini, ya, benar, Install ulang Windows 7/8 Langsung melalui Hardisk internal. Cara ini tergolong mudah dilakukan, silahkan anda ikuti langkah langkah dibawah ini.

Sebelum mencoba cara ini hal hal yang perlu diperhatikan adalah :
Pastikan PC/Laptop anda masih dalam keadaan bisa dinyalakan, dan masih bisa masuk ke dalam Windows.
Baiklah, jika Anda sudah memperhatikan hal hal diatas, mari kita mulai langkah langkahnya
  • Langkah Pertama, Buat partisi baru / Membagi partisi yang sudah ada sebagai tempat untuk file windows.
Yap, Pertama adalah buat partisi baru, Partisi ini nantinya akan menjadi wadah untuk file installer windows, Caranya adalah :

-Masuk ke Windows Explorer - Klik Kanan Computer - Klik Manage. lihat gambar dibawah


    Akan terbuka jendela Computer Management, Lalu klik "Disk Management" dan pilih partisi mana yang akan kalian bagi/shirk, disini saya akan Shrink partisi C, lihat gambar dibawah.


    Lalu masukan berapa besar ukuran kapasitas partisi baru yang akan dibuat, jangan terlalu besar, disini saya akan men'Shrink C sebesar 5GB saja atau kira kira 5000MB, karena 5GB sudah cukup untuk ditempatkan file iso windows 7/8, Setelah itu, Klik "Shrink" , lihat gambar dibawah

    Klik kanan pada partisi baru (Unallocated), lalu klik "New Simple Volume.." klik Next - Next, ingat pada drive letter partisi baru kita, saya menggunakan drive letter "Z" untuk memudahkan saja, Lalu Format partisi baru dengan Filesystem NTFS, Klik next dan Finish.

    Anda sudah menyelesaikan langkah pertama.

    Langkah Kedua, Extrack dan Copy semua file ISO Windows 7/8 ke partisi baru yang kita buat tadi.
    Langkah kedua adalah extrack file ISO Windows 7/8 dengan menggunakan WinRAR atau aplikasi Lainya, setelah itu Copy semua hasil extrack file ISO Windows 7/8 ke Partisi baru yang kita buat tadi, hal ini dilakukan agar Partisi yang kita buat tadi bisa dijadikan bootable untuk menginstall Windows 7/8 nanti. lihat gambar dibawah




    • Langkah Ketiga, Tambahkan menu bootable dengan menggunakan EasyBCD. 
    Ini adalah Langkah terakhir dalam cara install Windows 7/8, Yaitu setting menu boot agar bisa boot dari Partisi baru yang kita buat tadi, Caranya adalah :

    Buka EasyBCD ( Jika belum punya silahkan klik disini ), Klik "Add New Entry", Klik tab "WinPE", Settingnya seperti ini : 

    - Pada Kolom "Type" kita biarkan saja seperti default
    - Pada Kolom "Name" isi terserah anda, nantinya akan menjadi nama boot installer windows.
    - Pada Kolom "Path" Klik icon browse, lalu masuk ke Partisi yang tadi kita dibuat ( Z: ), klik 2x Folder "Source" cari file yang bernama "boot.wim" lalu klik ok.



    Setelah disetting seperti diatas, klik "Add Entry".



    Untuk memastikan menu yang kalian buat tadi benar benar terbuat klik "View Setting", Cari nama boot yang kalian masukan tadi, jika ada berarti anda sukses.



    Selamat, Anda sekarang siap untuk menginstal ulang Windows 7/8. Anda sekarang dapat melakukan booting untuk menginstal ulang Windows 7/8. Untuk memulai penginstalan, hidupkan ulang komputer Anda dan pilih nama boot yang baru saja Anda buat di menu boot. 

    Terima kasih. 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Artikel Lainya